WARALABA RICKY CELLINDO

(PERENCANAAN PENGEMBANGAN USAHA WARALABA RICKY

CELLINDO)


 

PROPOSAL



 

 

 

Disusun Oleh : 

RickyEstrada

 1721200053

 

 


 

STIE MULTI DATA PALEMBANG PROGRAM STUDI MANAJEMEN PALEMBANG

2020




DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

DAFTAR ISI. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

A.   PENDAHULUAN

 

1. Pendahuluan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

1.1  Visi, Misi dan Tujuan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

B.   PELUANG BISNIS (KONTEKS PALEMBANG). . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

C.   GAMBARAN UMUM USAHA

 

2. Gambaran Umum Usaha. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

D.   SEGMENTASI, TARGETING,POSITIONING

 

3.1 Segmentasi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

3.2 Targeting . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

3.3 Positioning . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

E.   PERKIRAAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN

 

4.1 Permintaan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

4.2 Penawaran. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

4.3 Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

F. PENETAPAN HARGA. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

G. PERKIRAAN SUMBER DAN KEBUTUHAN PERMODALAN. . . . . . . . . .

 

H. ANALISIS ASPEK PEMASARAN,SDM & ORGANISASI. . . . . . .

 

I. PENUTUP (KESIMPULAN). . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

J. DAFTAR PUSTAKA. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .


A.               PENDAHULUAN

Waralaba adalah suatu keterikatanan yang memberikan hak salah satu pihak untuk memanfaatkan serta menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penjualan barang atau jasa. (PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 42 TAHUN 2007).

Waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850-an oleh Isaac Singer, pembuat mesin jahit Singer, ketika ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya. Walaupun usahanya tersebut gagal, namun dialah yang pertama kali memperkenalkan format bisnis waralaba ini di AS. Kemudian, caranya ini diikuti oleh pewaralaba lain yang lebih sukses, John S Pemberton, pendiri Coca Cola. Namun, menurut sumber lain, yang mengikuti Singer kemudian bukanlah Coca Cola, melainkan sebuah industri otomotif AS, General Motors Industry pada tahun 1898. Contoh lain di AS ialah sebuah sistem telegraf,yang telah dioperasikan oleh berbagai perusahaan jalan kereta api, tetapi dikendalikan oleh Western Union serta persetujuan eksklusif antar pabrikan mobil dengan penjual. (Frangky, 2016,h.2)

Dalam perkembangannya, sistem bisnis ini mengalami berbagai penyempurnaan terutama pada tahun l950-an yang kemudia dikenal menjadi waralaba sebagai format bisnis (business format) atau sering pula disebut sebagai waralaba generasi kedua. Perkembangan sistem waralaba yang demikian pesat terutama di negara asalnya, AS, menyebabkan waralaba digemari sebagai suatu sistem bisnis diberbagai bidang usaha, mencapai 35 persen dari keseluruhan usaha ritel yang ada di AS. Sedangkan di Inggris, berkembangnya waralaba dirintis oleh J. Lyons melalui usahanya Wimpy and Golden Egg, pada tahun 60-an. Bisnis waralaba tidak mengenal diskriminasi. Pemberi waralaba dalam menyeleksi calon mitra usahanya berpedoman pada keuntungan bersama, tidak berdasarkan SARA. (Frangky, 2016,h.3)

Sistem waralaba di Indonesia mulai dikenal pada tahun 1950- an, yaitu dengan munculnya dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi.Perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970-an, yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus, yaitu pewaralaba tidak sekadar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk memproduksiproduknya.

Dasar hukum yang mengatur mengenai sistem waralaba adalah:

A. Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 259/MPP/KEP/7/1997 Tanggal 30 Juli 1997 tentang Ketentuan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba.

B. Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 31/M-DAG/PER/8/2008 tentang Penyelenggaraan Waralaba.

C. Undang-undang No. 14 Tahun 2001 tentang Paten. (d) Undang-undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek, Undang-undang No. 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang.

Berkembangnya bisnis waralaba yang ada di Indonesia dapat dilihat dari banyaknya tempat usaha yang rata-rata melakukan bisnis nya dengan bisnis bersifat waralaba,karena banyaknya keuntungan yang di dapat dari waralaba,beberapa keuntungan dari waralaba

A.   Memberikan jaringan bisnis yang luas bagi pemilik usaha kecil.

B. Tidak membutuhkan pengalaman berbisnis yang memadai untuk menjalankan sebuah usaha waralaba.

C.  Memiliki peluang untuk sukses yang lebih cepat dari pada pelaku bisnis yang memulai usaha bisnis baru.

D. Jika mengikuti bisnis waralaba dana yang dikeluarkan lebih kecil ketimbang dana yang dikeluarkan untuk usaha baru.

E.   Banyak dari bisnis waralaba yang sudah memiliki nama dan citra yang terkenal.

F.    System manajemen dan praktik kerja yang terbukti

G.   Akses iklan nasional serta dukungan kerja secara berkelanjutan. (sumber : Franchise and license expo Indonesia).

Dengan banyaknya keuntungan waralaba bukan berarti waralaba menjamin kesuksesan suatu usaha sepenuhnya, karena waralaba juga memilikki peraturan tersendiri yang terkadang melibatkan suatu usaha dan juga bisnis waralaba tidak dapat diubah dan diatur. sesuai dengan kemauan kita sendiri karena harus sesuai dengan peraturan pencipta brand.

Waralaba menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam memperluas jaringan bisnis dengan cepat. Franchise menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan yang cukup, dengan adanya waralaba usaha awal serta kelanjutan usaha telah disediakan oleh pemilik waralaba.

Pada era globalisasi dan teknologi informasi yang semakin pesat dan juga media-media untuk berkomunikasi juga semakin canggih dengan ditunjang fasilitas modern dalam bersosialisasi.Dunia komunikasi sekarang ini tak lepas dari perkembangan internet yang semakin hari semakin berkembang pesat.Bagi masyarakat sekarang internet menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan,dengan internet masyarakat bisa mengetahui apa yang sekarang di perbincangkan di Dunia (uptodate). Internet paling mudah dijumpai dalam kehidupan masyarakat adalah melalui media HP (Handphone) yang sudah banyak mengalami penyempurnaan. Sekarang sudah banyak jenis-jenis brand HP yang sudah menjamur dimasyarakat,namun istilah HP yang sudah banyak terdapat fasilitas canggih lebih dikenal Smartphone atau Gadget.Berbagai jenis dan harga smartphone yang sudah beredar dimasyarakat dari yang harga ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. semakin berkembangnya handphone sehingga handphone memiliki berbagai fungsi sekaligus. Bukan hanya sebagai alat komunikasi saja namun telah berkembang menjadi alat dengan fungsi lainnya seperti sebagai media hiburan, media bisnis, dan sebagainya.Dengan sudah banyaknya smartphone canggih dapat mempermudah pekerjaan manusia menjadi lebih mudah.

Handphone mulai mengalami penyempurnaan hingga menjadi smartphone atau ponsel pintar di era tahun 2000-an, dimana dalam perkembangannya sebuah perangkat handphone memiliki tipe, ukuran, spesifikasi serta fungsi yang berbeda. Sebuah perangkat handphone juga Dalam penggunaannya sehari-hari baik disengaja maupun tidak mengalami kerusakan baik perangkat lunak maupun keras ( software & hardware ). Pada umumnya tingkat kerusakan mencapai 30-40 % setelah 12 bulan pemakaian (garansi hanya 1tahun) sehingga harus dilakukan servis.

Servis sering disebut dengan istilah perbaikan(jasa). Pengertian dari perbaikan itu sendiri adalah usaha untuk mengembalikan kondisi dan fungsi dari suatu benda atau alat yang rusak akibat pemakaian alat tersebut pada kondisi semula. Proses perbaikan tidak menuntut penyamaan sesuai kondisi awal, yang diutamakan adalah alat tersebut bisa berfungsi normal kembali. Perbaikan memungkinkan untuk terjadinya pergantian bagian alat/sparepart.

Sparepart/onderdill atau suku cadang adalah komponen dari mesin yang dicadangkan untuk perbaikan atau bagian handphone yang mengalami kerusakan. Sparepart merupakan bagian penting dalam manajemen logistik dan manajement rantai suplai. Sparepart perbaikan adalah bagian yang layak secara ekonomi untuk diperbaiki dibandingkan dengan ongkos ganti baru, harga perbaikan onderdill tertentu umumnya lebih murah.

Perbaikan/ Servis pada handphone adalah aktivitas teknis untuk mengatasi kerusakan agar bisa digunakan kembali sesuai dengan permintaan penggunanya.baik trouble dari sisi software maupun hardwear/sparepartnyakebanyakan dari pengguna ponsel tidak mengerti dengan kerusakan handphone mereka sendiri sehingga pengguna ponsel sulit dalam perbaikannya,dan juga banyak pengguna ponsel dengan brand atau merek tertentu terkendala dalam perbaikan, seperti diservis center resminya adalah faktor harga yang terlalu mahal,lamanya pengerjaan perbaikan ponsel sehingga ponsel yang rusak jika ingin diperbaiki harus ditinggal,dan juga klaim garansi yang memerlukan proses dan waktu yang panjang.

Pada umumnya dalam perbaikan handphone banyak pengguna handphone ingin cepat dalam perbaikan karena memerlukan ponselnya untuk kegiatan sehari-hari sehingga banyak dari konsumen pengguna handphone dengan brand dan merek tertentu berahli memperbaiki ponselnya ke counter handphone yang memiliki jasa pelayanan servis handphone dan juga memiliki penjualan sparepart handphone.

Melihat banyaknya counter handphone yang memiliki jasa pelayanan servis dan penjualan spare part handphone tetapi dalam pengecekannya dikenakan biaya,pengerjaannya tidak bisa ditunggu atau dilihat secara langsung dan tidak memberi garansi kepada konsumen yang menservis handphonenya.

Melihat besarnya pangsa pasar dari jasa layanan servis handphone dan penjualan sparepart handphone maka saya sebagai penulis dan owner dari ricky cellindo melihat adanya peluang yang besar untuk memulai mewaralabakan ricky cellindo ini akan memberikan dampak positif bagi para franchisor dikarenakan konsep layanan yang diberikan ricky cellindo yaitu memberi pelayanan gratis dalam pengecekan kerusakan handphone untuk menarik konsumen,pengerjaan bisa ditunggu dan dilihat langsung oleh konsumen dan memberi garansi dalam perbaikan handphone dan sparepart handphone yang dibeli.

Lokasi Ricky Cellindo saat ini berada di JL.RA AbusamahSimpang 5 Lebong Siarang sebelah mini market Graha Tiara dipinggir jalan besar merupakan lokasi yang strategi dalam penjualan sparepart dan servis handphone.

Usaha yang telah dirintis dari tahun 2018 ini sampai sekarang sudah dijalankan selama 2 tahun,memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang dan maju disinilah saya melihat peluang usaha untuk mengembangkan usaha jasa servis dan penjualan spare part handphone yang saya miliki yaitu “Ricky Cellindo” menjadi waralaba ritel jasa servis handphone baik software atau hardware dan menjadi salah satu penjual sparepart smartphone terlengkap.

Alasan utama dari pembuatan waralaba ini dikarenakan usaha servis handphone ini sudah dijalankan kurang lebih 2 tahun dimana Ricky Cellindo sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat kota Palembang, kualitas produk sparepart handphone dan pelayanan jasa servis handphone yang dijual nya juga tidak perlu diragukan lagi. Banyaknya orang yang mengetahui Ricky Cellindo beserta kualitas dan pelayanan servisnya tentu bukan hal yang sulit bagi calon waralaba untuk mewaralaba bisnis ini, selain itu juga Pewaralaba dapat melihat peluang pasar dalam bisnis ritel dan jasa servis handphone ini selalu meningkat setiap tahun nya.

Keuntungan yang di dapatkan oleh franchisor saat membeli waralaba Ricky Cellindo adalah pangsa pasar yang dapat dijangkau oleh semua umur dan semua kalangan serta kualitas produk spare part handphone dan pelayanan jasa servis handphone yang diberikan kepada konsumen dengan pengecekan kerusakan handphone yang gratis untuk menarik konsumen, perbaikan bisa ditunggu/dilihat langsung pengerjaannya oleh konsumen serta memberikan garansi dalam servis dan penjualan sperpart handphone yang dibeli. dan juga harga produk yang sangat terjangkau.

Visi, Misi dan Tujuan

·      Visi

Menjadikan Ricky Cellindo usaha waralaba terbesar dan terkenal dibidang ritel jasa servis dan penjualan sparepart handphone ditahun 2030. 

·      Misi :

1.            Menjadikan  Ricky  Cellindo sebagai tempat servis dan penjualan sparepart handphone yang terpercaya.

2.               Menjadikan Ricky Cellindo pusat servis dan penjualan sparepart Handphone

3.       Menjadikan Ricky Cellindo sebagai tempat servis dan penjualan sparepart handphone yang memberikan pelayanan terbaik

4.  Menjadikan Ricky Cellindo sebagai tempat servis yang memberikan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik. Memberikan system modern dalam hal pemesanan sparepart handphone dan layanan servis handphone.

Tujuan :

1.     Menyediakan produk berkualitas dan pelayanan jasa terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.

2.        Menyediakan paket waralaba dengan harga yang terjangkau.

3.        Menjadikan ricky cellindo kepercayaan masyarakat dalam membeli spare part dan jasa servis handphone

4.        Melengkapi kebutuhan konsumen

5.        Membuat usaha yang memberikan keuntungan bagi mitra bisnis

6.        Membuat usaha yang memberikan keuntungan bagi konsumen


B.           PELUANG BISNIS (KONTEKS PALEMBANG)

      Dengan melakukan observasi dibeberapa daerah di palembang ditemukan beberapa bisnis yang menjual sparepart dan jasa servis handphone seperti dj cell di jl.segaran,Net Cellindo di ps mall dan intenasional plaza,dan Metro Cell di jl.dempo. Akan tetapi dari 3 pesaing Ricky Cellindo memiliki kekurangan seperti memberi garansi hanya dalam waktu 2 hari,servis handphone ditinggal tidak bisa ditunggu,harga sparepart yang dijual mahal, dan kualitas produk yang dijual tidak menentu sehingga dari kekurang pesaing tersebut menjadi peluang bagi Ricky Cellindo untuk mengembangkan bisnisnya menjadi waralaba dikota palembang dengan memberikan garansi pada penjual sparepart handphone serta harga yang terjangkau dan kualitas yang baik dan servis handphone bisa ditunggu dan bergaransi serta memberikan gratis pengecekan untuk kerusakan handphone dan juga peluang di kota palembang dapat dilihat melalui data BPS (badan pusat statistik) bahwa jumlah penduduk kota palembang sebanyak 1.681.374 jiwa dan Pada umumnya tingkat kerusakan mencapai 30-40 % setelah 12 bulan pemakaian (garansi hanya 1tahun) sehingga harus dilakukan servis.diasumsikan besarnya permintaan potensial sebesar 40% dari 1.681.374 jiwa,yaitu 672.549 pengunjung ini merupakan peluang yang besar bagi Ricky cellindo untuk mengembangkan bisnisnya dapat dilihat juga pada bagian permintaan dan penawaran Ricky Cellindo.


C.               GAMBARAN UMUM USAHA/PRODUK

Ricky cellindo merupakan toko yang menjual spare part handphone dan layanan jasa servise handphone yang memperbaiki kerusakan sofwear seperti lupa pola tau kata sandi, bobol akun, flass, install ulang, dll, dan hardwear seperti kerusakan LCD, Touchscreen, mic, speker, baterai, conektorcas, flexible on/off dan volume dan juga menjual spare part handphone seperti : LCD, Touchscreen, mic, speker, baterai, conektorcas, flexible on/off dan volume, ICpower, MMC,kabel anten, obeng, solder, powersupply, blower, pinset,dll. usaha ricky cellindo sudah dirintis sejak tahun 2018 yang artinya saat ini sudah memasuki usia ke 2 tahun. Usaha ini merupakan milik pribadi yaitu didirikan oleh seorang pemuda berusia 21 tahun yang masih merupakan seorang mahasiswa yang bernama ricky Estrada.servis dan penjualan spare part handphone yang berlokasi di JL.RA.Abusamah Simpang 5 Lebong Siarang sebelah mini market Graha Tiara yang setiap harinya menerima setiap pembelian spare part handphone dan juga layanan servis handphone sofwear dan headwear. Ricky cellindo buka setiap hari, senin – minggu jam 10.00 pagi dan tutup jam 21.00 malam.

Keunggulan layanan jasa servis handphone ricky Cellindo dibandingkan pesaing adalah memberikan pengecekan kerusakan handphone yang Gratis tanpa dipungut biaya dan memberikan layanan servis handphone yang bisa ditunggu dan bergaransi. Ricky Cellindo dalam pengembangan nya menjadi waralaba merupakan salah satu cara untuk membuat merek lebih cepat terkenal dalam hal memberikan layanan jasa servise handphone sofwear dan hardwear.dengan keahlian dan kualitas produk serta pelayanan yang diberikan membuat franchisor tertarik untuk membeli warlaba.

Ricky Cellindo menjual hampir semua jenis spare part handphone seluruh tipe dan merek handphone dan menerima semua servis tipe dan merek handphone .spare part yang biasa dibeli oleh konsumen biasa handphone android yang kekinian seperti merek Samsung, oppo, vivo, xiaomi dan apple.

Kegiatan penjualan spare part handphone sehari-hari dilakukan secara manual dan lewat market place atau toko onlein seperti di buka lapak, tokopedia, lazada, shoppe, OLX. Dan pembayaran bisa dilakukan via transfer,dan menggunakan ovo dan gopay, sehingga dapat mempermudah pembeli untuk melakukan transaksi terutama untuk transaksi yang besar.dan juga dalam mendapat kan pelanggan yang ingin menservis handphonenya biasa ricky cellindo mendapatkan pelanggan dari olx, instargam, facebook dan dari mulut ke mulut yang dikenalkan oleh pelanggan Ricky Cellindo kepada teman dan kerabat terdekat.

Proses pemasaran Ricky Cellindo hingga saat ini dibantu dengan via social media yaitu instagram, facebook, whats app, dan OLX. melihat canggihnya pengaruh media social terhadap kehidupan masyarakat sehingga membuat promosi via instagram, facebook, whats app dan OLX dapat dijangkau oleh lebih banyak pembeli baru dan menjadi pelanggan tetap.

Pengalaman selama 2 tahun membuat ricky cellindo terus berusaha memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik demi kesenangan konsumen, tentunya dalam jangka waktu 2 tahun banyak pengalaman yang terus membuat Ricky Cellindo  menjadi lebih baik lagi sehingga memilikki banyak langganan dan dari satu pelanggan dikenal oleh masyarakat yang lain sehingga penggenalan Ricky Cellindo semakin luas.

Dalam hal produk dan pelayanan juga Ricky Cellindo memiliki keunggulan dan keunikan sendiri dibandingkan dengan servis dan penjualan spare part handphone lainnya yang ada dikota Palembang, salah satunya seperti yang sering kita jumpai apabila pergi ke servis center resmi merek handphone atau servis handphone dikonter-konter biasa dimall dan dipinggir jalan pastinya handphone kita yang rusak yang akan diperbaiki akan disuruh tinggal untuk beberapa hari dalam proses pengerjaannya/tidak bisa dilihat proses pengerjaannya dan ditunggu,dan juga proses dan jaminan garansi yang diberikan berbelit- belit dan membutuhkan waktu yang lama dalam klain garansinya. Dan juga dalam penjualan spare part handphone jika diservis center resmi harga cenderung mahal dan apabila pembelian spare part handphone dikonter-konter biasa cenderung kualitas produk yang diberikan tidak bagus. Apabila di Ricky Cellindo konsumen hanya perlu menunggu sekitar 1 jam dalam proses perbaikan handphonenya dan bisa dilihat langsung proses pengerjaannya, sedangkan untuk keunggulan produk spare part Ricky Cellindo adalah harga yang terjangkau dan kualitas produk spare part handphone yang berkualitas dan terjamin dan memiliki garansi dengan proses yang cepat tanpa menunggu lama.

Ricky Cellindo dalam pengembangan nya menjadi waralaba merupakan salah satu cara untuk membuat merek lebih cepat terkenal. Jumlah outlet yang banyak serta merek yang lebih terkenal akan membuat franchisor memiliki daya tawar yang lebih kuat terhadap supplier. Karena volume barang yang dibeli oleh franchisor tentunya untuk skala yang lebih besar. Keuntungan paling utama dari sistem Franchisee adalah nilai perusahaan yang akan menjadi lebih tinggi, karena dengan jaringan usaha yang luas, outlet yang tersebar banyak serta merek yang dikenal masyarakat, membuat perusahaan akan memiliki nilai yang tinggi, terlebih perusahaan dapat berjalan untuk jangka panjang.

Ricky Cellindo akan memberikan dua pilihan paket waralaba yaitu paket Ruko dan kios, diantara keduanya tentu saja ada perbedaan yang signifikan, dari 2 paket yang ditawarkan pada dasarnya memilikki perbedaan dari jumlah barang dan ukurang barang yang akan diberikan di dalam paket waralaba tersebut serta perbedaan tempat antara paket Ruko dan paket Kios. Didalam Masing-masing paket akan mendapatkan peralatan dan perlengkapan seperti:

Tabel 1 : Rincian paket waralaba yang ditawarkan.

Paket Ruko

Paket Kios

10 bh Etalase tempat spare part handphone

5 bh Etalase tempat spare part handphone

4 bh Meja servis

2 Meja servis

2 bh Komputer rakitan

1 bh Komputer rakitan

2 bh Cd sofwear

1 bh Cd sofwear

Baju Karyawan 12 pcs

Baju Karyawan 6 pcs

Neon Box 125x65 cm

Neon Box 125x65 cm

Banner Ricky Cellindo uk. 100 x 250 cm

Banner Ricky Cellindo uk. 100 x 250 cm

Spanduk 2 bh

Spanduk 1 bh

Brosur 500 lembar

Brosur 300 lembar

Plastik Asoy logo RickyCellindo 1.000 Lb

Plastik Asoy logo RickyCellindo 500 Lb

Lampu Etalase 30 Bh

Lampu Etalase 15 Bh

Kursi Kayu 15 Bh

Kursi Kayu 6 Bh

Blowwer 2 Bh

Blowwer 1 Bh

Solder 2 Bh

Solder 1 Bh

Power Supply 2 Bh

Power Supply 1 Bh

2 set obeng khusus servis handphone

1 set obeng khusus servis handphone

2 bh Multi Meter

1 bh Multi Meter

Pinset 2 set khusus servis handphone

Pinset 1 set khusus servis handphone

10 bhPenjepit mesin handphone

5 bh Penjepit mesin handphone

Printer cetak nota

Printer cetak nota

Meja Kasir

Meja Kasir

Training Karyawan 1 bulan

Training Karyawan 1 bulan

Potongan harga pembelian spare part

handphone 15% selama 3 bulan

Potongan harga pembelian spare part

handphone 10% selama 3 bulan

Ricky Cellindo melakukan pengembangan usaha menjadi waralaba dengan tujuan sebagai berikut :

·           Mempermudah proses pengenalan nama dengan cepat dan luas.

·           Mendapatkan pendapatan lebih besar dengan mewarala bisnis dan tidak menggunakan modal pribadi melainkan menggunakan modal dari franchisor.

·           Ricky Cellindo berpeluang untuk mendapatkan sumber modal dari pihak lain dalam bentuk dana investasi pembukaan outlet baru dari pihak franchisee yang bergabung.

·    Pengembangan merk, outlet dan produk serta bisnis dengan sistem franchise tanpa menggunakan modal sendiri karena outlet, merk dan produk akan berkembanang dengan banyaknya outlet yang dibuka oleh franchisor.

·           Jenis produk yang dijual oleh Ricky Cellindo semakin banyak dijual dikarenakan banyaknya outlet yang membuka, sehingga peluang mengingkatnya omzet sudah jelas terjamin tanpa harus mengeluarkan biaya dan juga tanpa harus melakukan promosi sendiri.

Dalam melakukan proses menjadi calon waralaba brand , franchisor perlu memenuhi beberapa syarat dan prosedur yang telah diatur dalam peraturan Menteri Perdagangan No: 53/M-DAG/PER/8/2012 yang berisi pemberi waralaba dan penerima waralaba wajib memberikan STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba). Cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan STPW bagi pemberi dan penerima waralaba dengan mendaftarkan prospectus penawaran waralaba ke Direktorat Bina Usaha Perdagangan up. Kantor Unit Pelayanan Perdagangan.

Prosedur pemberi waralaba dalam mendaftarkan waralabanya yaitu dengan :

  1.     Melakukan pengajuan prospektus penawaran dari pihak pemberi waralaba kepada Menteri Perdagangan dengan melampirkan : Fotokopi Prospektus Penawaran, Fotokopi Legalitas Penawaran
  2.       Pendaftaran perjanjian waralaba oleh penerima waralaba kepada Menteri Perdagangan dengan melampirkan : Fotokopi Legalitas Usaha, Fotokopi Perjanjian Waralaba, Fotokopi Prospektus Penawaran Waralaba,Fotokopi KTP pemilik/ pengurus perusahaan.
  3.            Penerbitan surat tanda pendaftaran waralaba oleh Menteri Perdagangan yang berlaku untuk jangka waktu 5 tahun.
  4.      Prospektus penawaran yang diajukan oleh pemberi waralaba memuat : Data Identitas Pemberi Waralaba, Legalitas Usaha Pemberi Waralaba, Sejarah Kegiatan Usaha, Struktur Organisasi Pemberi Waralaba, Laporan Keuangan 2 tahun Terakhir, Jumlah tempat usaha/ daftar penerima waralaba
  5.             Hak serta kewajiban pemberi waralaba dan penerima waralaba.

Syarat untuk menjadi Franchisee Ricky Cellindo :

1.             Telah mendaftarkanSTPW.

2.             Bersedia di kontrak selama 6tahun.

3.             Berkomitmen untuk mematuhi standarisasi bisniswaralaba.

4.             Menyukai jenis bisnis dan usaha yangdipilih.

5.             Bersedia untuk bekerja keras dan berperan aktif dalam mengoperasikan bisnis waralaba.

6.             Menyukai jenis produk yang dijual.

Dalam menjalankan waralaba Ricky Cellindo maka produk yang akan dijual dalam waralaba adalah produk-produk spare part handphone. Contoh beberapa Produk yang akan ditawarkan dapat dilihat pada table berikut :

Tabel 2 : Produk yang ditawarkan Ricky Cellindo

Jenis Sparepart

Harga

Gambar

1.    LCD+Touchscreen satu set

Sesuai tipe, jenis dan merek handphone.

Kisaran   harga   umum Rp.150.000 -Rp.3.000.000

 

 

2. Baterai handphone

sesuai tipe, jenis dan merek handphone kisaran harga umum Rp.30.000 - Rp.250.000

 

3. Touchscren handphone

Sesuai tipe, jenis dan merek handphone Kisaran harga umum Rp.20.000 – 200.000

 

4. IC power

sesuai tipe,  jenis dan merek handphone Kisaran   harga   umum Rp.80.000 - Rp.500.000

 

5. Speker atau buzzer

sesuai tipe, jenis dan merek handphone Kisaran harga umum Rp.5.000 – Rp.20.000

 





















































Jenis Sparepart

Harga

Gambar

6.    Flexibel conektor cas

sesuai tipe, jenis dan merek handphone Kisaran harga umum Rp.10.000 – Rp.85.000


7.    MMC

sesuai tipe, jenis dan merek handphone Kisaran harga umum RP.50.000                     Rp.500.000

8.    Flexible   on/off  dan volume

sesuai tipe, jenis dan merek handphone Kisaran harga umum Rp.5.000 – Rp. 65.000

 

9.    Lcd handphone

sesuai tipe, jenis dan merek handphone Kisaran harga umum Rp.80.000                     

Rp.250.000

 















































Jenis Sparepart

Harga

Gambar

10.    Blower

Rp.950.000

11.    Solder

Rp.300.000

 

12.             Power Supply

Rp.450.000

13.               Obeng

Rp.35.000

14.               pinset

Rp.30.000

 





















































Jenis Sparepart

Harga

Gambar

15.        frame/tulang handphone

sesuai tipe, jenis dan merek handphone Kisaran harga umum Rp.35.000                     

Rp.150.000

16.        Kamera Handphone

sesuai tipe, jenis dan merek handphone Kisaran harga umum Rp.40.000                     

Rp.1.500.000

 

17.        back door atau tutup belakang handphone

sesuai tipe, jenis dan merek handphone Kisaran harga umum Rp.20.000                     

Rp.350.0000





































Tahap awal yang perlu dilakukan untuk menjadi calon franchisee Ricky Cellindo yaitu,dengan cara menanda tangani kontrak perjanjian terlebih dahulu. Perjanjian tersebut berisi syarat dimana franchisee tidak boleh menjual produk yang bukan dari Ricky Cellindo , franchisee harus mengikuti syarat sebagai franchisee Ricky Cellindo , franchisee wajib mengirimkan karyawan yang akan di training untuk diberikan pelatihan cara melayani konsumen dengan baik dan benar, dan untuk teknisi handphone Ricky Cellindo akan menyediakannya untuk Franchisee. Ricky Cellindo tidak memberikan royalty fee kepada calon franchisee, apabila franchisee melakukan pelanggaran terhadap semua ketentuan yang telah dibuat maka franchisee akan dikenakan sanksi berupa pemutusan kontrak kerja sama.

Sistem pemesanan yang wajib dilakukan oleh franchisee dalam melakukan pemesanan spare part adalah dengan cara bergabung di Grup Whatsapp dan setiap hari melakukan pembayaran secara rutin sesuai dengan pesanan spare part yang di order dengan cara transfer, setelah melakukan pemesanan dan pembayaran maka franchisee bisa mengambil sendiri pesanan di Gudang Ricky Cellindo atau diantar oleh tim kurir dari Ricky cellindo.

Ricky Cellindo memberikan standar pelayanan kepada pelanggan yang perlu dilakukan oleh franchiesee. Franchiesee Ricky Cellindo wajib membuka outlet setiap hari dengan jam operasional 10.00 sampai 21.00. Diwajibkan kepada franchiesee untuk menyiapkan tempat dengan lokasi yang strategis.

Keuntungan yang di dapat franchisee dalam mewaralabakan Ricky Cellindo yaitu merek yang sudah mulai cukup dikenal oleh masyarakat kota Palembang dan kualitas produk spare part handphone yang dijual terjamin dan harga terjangkau, selain itu juga pelayanan jasa servis handphone yang diberikan kepada konsumen dengan pengecekan kerusakan handphone gratis untuk menarik pelanggan atau konsumen dan perbaikan handphone bisa ditunggu dan bergaransi. sehingga mekanisme dalam penjualan, pemasaran, pemesanan barang dan pelayanan servis yang diberikan kepada konsumen sudah jelas dan teratur dengan baik.sehingga franchisee hanya perlu menyiapkan dana, tempat kosong,dan karyawan.

Ricky Cellindo merupakan brand yang sudah dikenal oleh masyarakat kota Palembang. Namun franchisee wajib melakukan promosi dengan maksimal untuk mendapatkan keuntungan dari pemasaran yang dilakukan, pemasaran yang akan dilakukan Ricky Cellindo adalah sebagai berikut:

·           Social Networking, pemasaran yang dilakukan melalui media sosial yaituInstagram,facebook,whatsapp,OLX.

·           Advertising, yaitu pemasaran melalui spanduk, kartu nama,brosur RickyCellindo.

·           Personal Selling,pemasaran secara langsung dengan memberikan brosur kepada setiap orang yanglewat.


1.     LOGO

Logo Ricky Cellindo merupakan identitas yang digunakan menjadi ciri khas dan diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor atau pesaing lainnya.


Gambar 2.1 Logo Ricky Cellindo

Logo dari Ricky Cellindo di desain dengan arti, gambar serigala yang memiliki makna siap untuk bersaing,dan memiliki pandangan untuk maju kedepan untuk pemilihan warna hitam dan kuning yang memiliki makna untuk warna hitam melambangkan keanggunan ( elegance),kemakmuran,dan kecanggihan serta warna kuning melambangkan optimis,semangat dan ceria dalam melayani konsumen.


2.     Brosur Ricky Cellindo

Brosur digunakan untuk menginformasikan kepada para konsumen tentang perusahaan. Berikut adalah brosur dari Ricky Cellindo

Gambar 2.2 Brosur Ricky Cellindo

3.     Kartu Nama Ricky Cellindo

Kartu nama bertujuan untuk member kepada pelanggan calon waralaba sebagai kontak dan perkenalan secara tertulis. Berikut adalah kartu nama Ricky Cellindo :

Gambar 2.3 Kartu Nama Ricky Cellindo

 4.     Seragam Karyawan RickyCellindo

Berikut adalah desain seragam yang akan digunakan oleh karyawan Ricky Cellindo :

Gambar 2.4 Seragam Ricky Cellindo


5. Foto Tempat Ruko Waralaba RickyCellindo

Gambar 2.5 Foto Tempat Ruko Waralaba Ricky Cellindo


6.     Foto Tempat Kios Waralaba RickyCellindo        

Gambar 2.6 Foto Tempat Kios Waralaba Ricky Cellindo

D.               Segmentasi, Targeting, dan Positioning

1.         Segmentasi

Segmentasi pasar adalah aktivitas membagi–bagi market yang memiliki sifat heterogen kedalam satu-satuan market yang bersifat homogen (Swastha dan Handoko , 2017). Adanya segmen pasar dapatmeningkatkan efektivitas strategi pemasaran sehingga lebih terarah dan sumber daya perusahaan dapat digunakan secara efektif dan efisien. Segmentasi yang digunakan oleh Ricky Cellindo adalah segmentasi berdasarkan :

·          Segmentasi Geografis

Segmentasi pasar merupakan suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli (Pride dan Ferrel 2012).

Lokasi yang akan dipilih Ricky Cellindo untuk membuka franchise yaitu di tempat strategis tentunya dan dikarenakan paket waralaba yang disediakan berupa di ruko mall atau kios mall dan dipasar atau dipinggir jalan yang ramai dalam bentuk ruko atau kios, seperti di mall Palembang square(PS mall), Palembang Trade Center (PTC),Palembang Icon, Internasional Plaza, Palembang Indah Mall(PIM),Opi Mall,Trans mart Palembang,dipinggiri jalan yang ramai seperti lokasi Ricky Cellindo saat ini di JL.Ra abusamah simpang 5 lebong siarang,dan pasar pusat perbelanjan.

·          Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variabel-variabel, seperti umur, jenis kelamin, dan pendapatan (Ginting,2015, h.227).

Layanan jasa servis handphone dan penjualan spare part handphone ditujukan pada semua kalangan masyarakat dari usia 13 – 70 tahun, anak-anak,remaja,dewasa,sampai orang tua,baik berjenis kelamin laki-laki ataupun perempuan, dan mencakup semua kalangan mulai dari kalangan bawah, menengah, hingga kalanganatas.

Dalam Pembelian Waralaba Ricky Cellindo menargetkan kepada usia 25-50 tahun dimana pada usia ini freenchisee telah memiliki penghasilan yang cukup untuk membeli waralaba danjuga lebih kreatif serta memilikki tingkat antusias yang tinggi untuk bersama-sama memajukan brand merk yang ada

·          Segmentasi Psikografis

Segmentasi psikografis adalah pembagian pasar atas dasar kelas social, gaya hidup, atau kepribadian (Ginting, 2015, h.228). Segmentasi psikografis Ricky Cellindo ditargetkan kepada kepribadian masyarakat yang memilikki pola hidup ingin cepat dan terjamin kualitas dan pelayanan sehingga Ricky cellindo menerapkan servis bisa ditunggu dan bergaransi.

Sedangkan dalam pembelian waralabanya Ricky Cellindo, Segmentasi psikografis ditunjukkan kepada orang yang mempunyai karakteristik optimis dan kreatif serta tentunya memilikki jiwa kewirausahaan sehingga dapat memimpin usaha yang dijalanakan.

2.         Target

Menurut Kotler & Amstrong (2008) Target pasar adalah sekelompok pembeli (buyers) yang memiliki kebutuhan atau karakteristik yang sama yang menjadi tujuan promosi perusahaan. Yang akan menjadi target waralaba Ricky Cellindo adalah masyarakat baik pengusaha ataupun karyawan yang memilikki modal serta memilikki minat dibidang layanan jasa servise handphone dan penjualan spare part handphone.

3.         Positioning

Positioning adalah suatu tindakan atau langkah-langkah dari produsen untuk mendesain citra perusahaan dan penawaran nilai dimana konsumen didalam suatu segmen tertentu mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu segmen tertentu, mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu perusahaan, dibandingkan dengan pesaingnya. (Kotler: 262) .

Positioning yang dilakukan Ricky Cellindo adalah pengecekan kerusakan handphone yang Gratis tanpa dipungut biaya dan memberikan layanan servis handphone yang bisa ditunggu dan bergaransi serta memberikan pelayanan dan kualitas barang yang terbaik kepada pelanggan dengan memberikan pelayanan yang ramah,sopan,serta memberi jaminan kepada pelayanan jasa dan produk yang diberikan kepada pelanggan sehingga pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan sehingga membuat secara tidak langsung pelanggan merekomendasikan kepada kerabat dan keluarganya untuk melakukan servis handphone dan membeli spare part handphone kepada Ricky Cellindo,sehingga memiliki citra brand yang baik di masyarakat kotaPalembang.

E. PERKIRAAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang dimintapada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu. Banyaknya pesaing yang menjual spare part handphone dan layanan jasa servis handphone .Membuat Ricky Cellindo berharap masyarakat menyukai layanan jasa servis handphone dan spare part handphone yang dijual Ricky Cellindo. Berikut data Penjualan permintaan Ricky Cellindo Tahun 2018 – 2020.  

Tabel 4.1 Data Jumlah Servis Handphone Ricky Cellindo  Tahun2018-2020.

Tahun

Servis/Bulan

Servis/Tahun

Peningkatan

2018

300

3.600

 

2019

450

5.400

5%

2020

600

7.200

33,3%

Jumlah

1.350

16.200

38,3%

Rata-Rata

 

5400

19,15%




servis Ricky Cellindo pada tahun 2018 adalah sebesar 3.600 unit/per tahun handphone yang didapat dari servis perhari 10 unit handphone, pada tahun 2019 Ricky Cellindo menservis 5.400 unit/pertahun  handphone dan mengalami peningkatan sebesar 5% yang di dapat dari perhitungan sebagai berikut :


 


Penjualan dari Ricky Cellindo dari tahun ke tahun mengalami peningkatan penjualan dari tahun 2018-2020 dengan rata-rata kenaikan 19,15%.Dengan perhitungan sebagai Berikut :

 

=Persentase Kenaikan Tahun 2019+2020

                    Jumlah Tahun

= 5% + 33,3%   = 19,15%

        2


Tabel 4.2 Perhitungan Ramalan Penjualan Tahun 2014-2018 

No

Tahun

Y

X

XY

Y

1

2018

3.600

-1

-3600

1

3600

2

2019

5.400

0

0

0

0

3

2020

7.200

1

7200

1

7200

 

Jumlah

16.200

0

3600

2

10.800

Perhitungan ramalan penjualan tahun 2018-2020 dihitungdengan menggunakan metode analisis regresi linier. Regresi linier adalah alat statistik yang dipergunakan untuk mengetahui pengaruh antara satu atau beberapa variabel terhadap satu buah variabel.

  Sumber : Penulis, 2019

 

Y = a + bX


      A = 16.200        

                      3

                        A = 5.400

                        B = 3600

                                    2

                        B = 1.800

 Persamaan Y

Y = 5.400 + 1.800 (X)

Peramalan 2020

Y = 5.400 + 1.800 (3)

2021 = 9.000 + 1.800  (4)

2022 = 10.800 + 1.800 (5)

2023 = 12.600 + 1.800 (6)

2024 = 14.400 + 1.800 (7)

Tabel 4.3  Perkiraan Penjualan Ricky Cellindo 3 tahun mendatang.

TAHUN

Permintaan per tahun

2022

10.800

2023

12.600

2024

14.400


    Pada tabel 4.3 dapat dilihat bahwa hasil permintaan pada Ricky Cellindo pada tahun 2022 berada pada angka 10.800, ditahun 2023 ebanyak 12.600 dan di tahun 2024 perkiraan jumlah permintaan pada Ricky Cellindo adalah sebesar 14.400. Perkiraan Servis handphone yang terus meningkat merupakan alasan Ricky Cellindo di waralaba. Bertambahnya servis handphone setiap tahun Ricky Cellindo mengartikan minat servis handphone dan Penjualan sparepart bertambah setiap tahunnya.

PENAWARAN

Penawaran adalah jumlah barang yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Untuk mengetahui berapa banyak paket yang akan dijual oleh waralaba Ricky Cellindo, terlebih dahulu dicari tahu berapa rata-rata frekuensi Servis Handphone dan Penjualan Sparepart membuka outlet nya selama 1tahun yang ada di KotaPalembang.

Dalam hal ini penulis telah melakukan survey secara langsung kepada outlet.Berikut adalah table toko servis dan penjualan spare part di kotaPalembang

 

Tabel 4.4 Toko servis dan penjualan sparepart handphone Di Kota Palembang

 

TK Servis&Sparepart Handphone

 

Jumlah toko

 

Frekuensi

Net Cellindo

 

2

1

DJ Cell

 

1

1

Metro Cell

 

1

1

 

Rata - Rata

 

1

 

Berdasarkan tabel 4.4 toko servis dan penjualan sparepart  handphone di kota palembang diperoleh rata-rata frekuensi pembukaan toko sebanyak 1 dari seluruh total pembukaan toko servis dan penjualan sparepart handphone yang ada dikota palembang dalam waktu satu tahun. Data Net Cellindo,Dj cell,dan Metro Cell didapat dari bertanya langsung dengan bertanya dengan beberapa toko yang ada di kota palembang

 

Tabel 4.5 Hasil Data Jumlah servis dan penjualan sparepart handphone di Kota Palembang

Pesaing

Permintaan per bulan (30 hari )

Permintaan pertahun (12 bulan)

Dj Cell

750 unit

9.000

Metro Cell

900 unit

10.800

Net Cellindo

1050 unit

12.600



RENCANA PENJUALAN DAN PANGSA PASAR

Rencana Penjualan dan Pangsa pasar yang akan dijalankan Ricky Cellindo pada tahun 2021 adalah merencanakan untuk menjual 2 paket melihat dari rata-rata yang ada pada tingkat tabel penawaran Pesaing, 2 paket yang akan dijual pada tahun 2021 yaitu 1 paket Ruko dan satu paket kios, ditahun 2022 Ricky Cellindo akan Merencanakan Penjualan Paket sebanyak 3 paket berupa 2 paket ruko dan 1 paket kios. Pangsa pasar yang akan dituju yaitu tempat strategis di kios atau ruko mall atau dikios atau ruko dipasar pusat perbelanjaan atau pinggir jalan yang ramai dilalui masyarakat dikota palembang.


Tabel 5.1 Rencana Penjualan Ricky Cellindo Waralaba

 

Tahun

 

Rencana Penjualan Ricky Cellindo waralaba

2022

 

2

2023

 

3

2024

 

5

 

Perkiraaan penawaran waralaba pada Ricky Cellindo yaitu sebanyak 2 waralaba ditahun 2022, 3 waralaba ditahun 2023 dan 5 waralaba ditahun 2024. Waralaba Ricky Cellindo akan disebar luaskan dengan menggunakan paket yang telah disediakan yaitu paket Ruko dan Kios dimana akan di operasikan di tempat yang strategis dan tentunya banyak dilewati oleh masyarakat kota Palembang.

Ricky Cellindo akan melakukan Rencana penjualan dengan mengembangkan usahanya menjadi waralaba.dengan perhitungan peramalan penambahan jumlah konsumen setiap tahun meningkat sebesar 1800 orang

Rencana penjualan dan pangsa pasar selama 3 tahun.

Tahun

Permintaan

(A)

Penawaran

(B)

Rata – rata

Penawaran

(C)

Peluang

(D=A-B)

Pangsa pasar

(E=C/Ax100%)

Pertumbuhan ekonomi

Rencana Penjualan

(F=ExD)

2022

10.800

9.000

9.900

1800

91,6%

1.648

2023

12.600

10.800

11.700

1800

92,8%

1.670

2024

14.400

12.600

13.500

1800

93,7%

1.686

 

Data diatas merupakan rencana penjualan dari Ricky Cellindo selama 3 tahun mendatang  dengan peluang mendapatkan penambahan penjualan atau penambahan permintaan sebesar 1.800 konsumen setiap tahunnya.

F.   PENETAPAN HARGA

Harga merupakan beban atau nilai bagi konsumen, yang didapatkan dengan memperoleh dan menggunakan suatu produk, termasuk biaya keuangan dari konsumsi, di samping biaya sosial yang bukan keuangan, seperti dalam bentuk waktu, upaya, psikis, risiko, dan prestise atau gengsi sosial (Prof. Dr. Sofjan Assauri, MBA, 2012). Berikut adalah penetapan harga paket waralaba Ricky Cellindo :

Tabel 6.1 Harga Paket Waralaban Ricky Cellindo

NO

 

Jenis Waralaba

Harga(Rp)

1

 

Paket Ruko

150.000.000

2

 

Paket Kios

85.000.000

Pada tabel 6.1 Ricky Cellindo menyediakan 2 paket waralaba, yaitu paket Ruko dan Paket Kios, dimana dalam pembelian paket Ruko Franchisor akan mendapatkan 10 bh etalase tempat sparepart handphone, 4 bh Meja servis handphone, 2 bh komputer rakitan ,2 bh Cd Sofwear,baju karyawan 12 pcs, Neon Box 125x65 cm, Banner Ricky Cellindo uk.100 x 250 cm,spanduk 2bh,Brosur 500 lembar,plastik asoy logo Ricky Cellindo 1.000 Lb,lampu etalase 30 Bh,Kursi Kayu 15 Bh ,Blowwer 2 bh,solder 2 bh,power supply 2 bh,2 set obeng khusus servis handphone,2 bh Multi meter,pinset 2 set khusus servis handphone,Penjepit Mesin handphone 10 bh ,printer cetak nota, meja kasir, training karyawan 1 bulan, potongan harga pembelian sparepart handphone 15% selama 3 bulan .

Pembelian paket kios akan mendapatkan 5bh etalase tempat sparepart handphone, 2bh meja servis, 1 bh komputer rakitan, 1 bh Cd Sofwear, baju karyawan 6 pcs, Neon Box 125x65 cm, Banner Ricky Cellindo uk. 100x250 cm, spanduk 1 bh, Brosur 300 lembar, plastik asoy logo ricky cellindo 500 Lb, lampu etalase 15 bh, kursi kayu 6 bh, Blowwer 1 bh,solder 1 bh,power supply 1 bh,1 set obeng khusus servis handphone,1 bh Multi meter,pinset 1 set khusus servis handphone,Penjepit Mesin handphone 5 bh ,printer cetak nota, meja kasir, training karyawan 1 bulan, potongan harga pembelian sparepart handphone 10% selama 3 bulan .

 

G.    PERKIRAAN SUMBER DAN KEBUTUHAN PERMODALAN

1.                  Sumber Pendanaan

Dalam pembuatan sebuah usaha membutuhkan sumber pendanaan yang cukup. Sumber pendanaan terdiri dari dua yaitu modal sendiri dan modal pinjaman atau modal bantuan. Modal sendiri adalah modal yang diperoleh dari pemilik perusahaan dengan cara mengeluarkan saham baik secara tertutup atau terbuka. Modal pinjaman adalah modal yang diperoleh dari pihak luar perusahaan dan biasanya diperoleh secara pinjaman (Kasmir & Jakfar, 2012, h.91).

Sumber permodalan Ricky Cellindo berasal dari modal sendiri dari tabungan selama kerja dan dikarenakan Ricky Cellindo telah membuka usaha nya selama 2 tahun maka Ricky Cellindo memiliki modal yang cukup untuk membuat bisnis waralaba.

Sumber permodalan Ricky Cellindo adalah merupakan modal sendiri.

Tabel 7.1Sumber Pendanaan Awal Ricky Cellindo

 

Uraian

 

Persentase

Total Modal

Modal sendiri

 

100%

Rp.175.000.000

 

2.                  Kebutuhan Modal Investasi

Modal investasi merupakan hal yang penting digunakan untuk menunjang kegiatan sarana dan prasarana dalam menjalankan operasional suatu usaha. Berikut uraian modal investasi yang dikeluarkan untuk kebutuhan Ricky Cellindo, dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

 

Tabel 7.2 Kebutuhan Modal Investasi Franchisor Ricky Cellindo 2019

No

Uraian

Banyak

Harga(Rp)

Total(Rp)

1.

Kipas Angin Miyako

3 bh

300.000

900.000

2.

Lemari rak plastik susun

3 bh

250.000

750.000

3.

Kursi Kerja

3 bh

250.000

750.000

4.

Hp android

1 bh

3.000.000

3.000.000

5.

Genset

1 bh

5.000.000

5.000.000

6.

Tablet/smarth tab

1bh

4.000.000

4.000.000

Jumlah

14.400.000

Pada tabel 7.2  kebutuhan modal investasi dapat dilihat bahwa total kebutuhan modal investasi franchisor Ricky Cellindo adalah sebesar Rp.14.400.000. Berikut ini merupakan tabel depresiasi peralatan operasional dan waralaba

Ricky Cellindo yang dapat dilihat dibawah ini :

 

Tabel 7.3 Depresiasi Peralatan Waralaba Ricky Cellindo

No

Uraian

Banyak

Total

 

(Rp)

Umur

 

Ekonomis

Depresiasi

 

(Rp)

1.

Kipas Angin Miyako

3 bh

900.000

5th

180.000

2.

Lemari rak plastik susun

3 bh

250.000

5th

50.000

3.

Kursi Kerja

3 bh

250.000

5th

50.000

4.

Hp android

1 bh

3.000.000

5th

600.000

5.

Genset

1 bh

5.000.000

5th

1,000.000

6.

Tablet/smarth tab

1 bh

4.000.000

5th

800.000

 

Jumlah

2.680.000

 

3.                  Kebutuhan Modal Kerja

Modal Kerja adalah modal yang digunakan untuk membiayai operasional perusahaan selama perusahaan beroperasi. Jangka waktu penggunaan modal kerja relatif pendek yaitu untuk satu atau beberapa siklus operasi perusahaan. Modal kerja digunakan untuk keperluan membeli bahan baku, membayar gaji karyawan, dan pemeliharaan serta biaya- biaya lainnya (Hidayat, 2016, h.124).

Berikut dibawah ini merupakan tabel uraian kebutuhan modal kerja Ricky Cellindo pada tahun 2022,2023 dan 2024 :

Tabel 7.4 Biaya Modal Kerja Waralaba Paket Ruko 

No

Keterangan

Banyak

Harga/Unit (Rp)

Jumlah/Tahun (Rp)

1.

Etalase tempat spare part handphone

10

850.000

8.500.000

2.

Meja servis

4

1.750.000

7.000.000

3.

Komputer rakitan

2

15.000.000

30.000.000

4.

Cd sofwear

2

250.000

500.000

5.

Baju Karyawan

12

50.000

600.000

6.

Neon Box 125x65 cm

1

800.000

800.000

7.

Banner Ricky Cellindo uk.100

x 250

1

150.000

150.000

8.

Spanduk

2

150.000

300.000

9.

Brosur

500

500

250.000

10.

Plastik asoy logo RC

1.000

250

250.000

11.

Lampu etalase

30

40.000

1.200.000

12.

Kursi Kayu

15

150.000

2.250.000

13.

Blower

2

950.000

1.900.000

14.

solder

2

300.000

600.000

15.

Power Supply

2

450.000

900.000

16.

Obeng Khusus

2

350.000

700.000

17.

Multi meter

2

150.000

300.000

18.

Pinset khusus

2

300.000

600.000

19.

Penjepit mesin handphone

10

80.000

800.000

20.

Printer cetak nota

1

1.500.000

1.500.000

21.

Meja Kasir

1

1.000.000

1.000.000

Jumlah tahun 2022

60.100.000

Jumlah tahun 2023

62.023.200

Jumlah tahun 2024

64.007.942

 

Harga dari biaya modal kerja waralaba Ricky Cellindo pada tahun 2022  dan 2023 mengalami kenaikan berdasarkan data dari BI Rate tingkat inflasi april 2020 yaitu sebesar3,20% dengan biaya modal kerja Paket Ruko yaitu tahun 2023  sebesar Rp 62.023.200, dan pada tahun 2024 sebesar Rp 64.007.942.

 

 

Tabel 7.5 Biaya Pemesanan Produk Sparepart handphone Ricky Cellindo Waralaba paket Ruko

No

Keterangan

Banyak

Harga/Unit (Rp)

Jumlah (Rp)

1.

LCD + Touchreen

400

Rp.150.000

Rp.60.000.000

2.

Baterai

400

Rp.30.000

Rp.12.000.000

3.

Touchreen Handphone

400

Rp.20.000

Rp.8.000.000

4.

IC power

400

Rp.80.000

Rp.32.000.000

5.

Speker atau Buzzer

400

Rp.5.000

Rp.2.000.000

6.

Flexibel Conektor cas

400

Rp.10.000

Rp.4.000.000

7.

MMC

400

Rp.50.000

Rp.20.000.000

8.

Flexibel on/off & Volume

400

Rp.5.000

Rp.2.000.000

9.

LCD handphone

400

Rp.80.000

Rp.32.000.000

10.

Blower

75

Rp.950.000

Rp.71.950.000

11.

solder

75

Rp.300.000

Rp.22.300.000

12.

Power Supply

75

Rp.450.000

Rp.33.750.000

13.

obeng

400

Rp.35.0000

Rp.14.000.000

14.

pinset

400

Rp.30.000

Rp.12.000.000

15.

Frame/tulang Handphone

400

Rp.35.000

Rp.14.000.000

16.

Kamera Handphone

400

Rp.40.000

Rp.16.000.000

17.

Back door atau tutup belakang handphone

400

Rp.20.000

Rp.8.000.000

Jumlah 2022

Rp.364.000.000

Jumlah 2023

Rp.375.648.000

Jumlah 2024

Rp.387.668.736

Harga dari biaya pemesanan Sparepart Handphone Ricky Cellindo pada tahun 2022 dan 2023 mengalami kenaikan berdasarkan data dari BI Rate tingkat inflasi April 2020 yaitu sebesar 3,20% dengan biaya pemesanan produk Sparepart Handphone Ricky Cellindo sebesar Rp375.648.000 dan pada tahun 2024 sebesar Rp387.668.736.

Tabel 7.6 Biaya Modal Kerja Waralaba Paket Kios

 

No

Keterangan

Banyak

Harga/Unit (Rp)

Jumlah/Tahun (Rp)

1.

Etalase tempat spare part handphone

5

850.000

4.250.000

2.

Meja servis

2

1.750.000

3.500.000

3.

Komputer rakitan

1

15.000.000

15.000.000

4.

Cd sofwear

1

250.000

250.000

5.

Baju Karyawan

6

50.000

300.000

6.

Neon Box 125x65 cm

1

800.000

800.000

7.

Banner Ricky Cellindo uk.100

x 250

1

150.000

150.000

8.

Spanduk

1

150.000

150.000

9.

Brosur

300

500

150.000

10.

Plastik asoy logo RC

500

250

125.000

11.

Lampu etalase

15

40.000

600.000

12.

Kursi Kayu

6

150.000

900.000

13.

Blower

1

950.000

950.000

14.

solder

1

300.000

300.000

15.

Power Supply

1

450.000

450.000

16.

Obeng Khusus

1

350.000

350.000

17.

Multi meter

1

150.000

150.000

18.

Pinset khusus

1

300.000

300.000

19.

Penjepit mesin handphone

5

80.000

400.000

20.

Printer cetak nota

1

1.500.000

1.500.000

21.

Meja Kasir

1

1.000.000

1.000.000

Jumlah tahun 2022

31.575.000

Jumlah tahun 2023

32.585.400

Jumlah tahun 2024

33.628.132

 

Harga dari biaya modal kerja waralaba Ricky Cellindo  pada tahun 2022  dan 2023 mengalami kenaikan berdasarkan data dari BI Rate tingkat inflasi April 2020 yaitu sebesar 3,20% dengan biaya modal kerja Paket Kios yaitu tahun 2023 sebesar Rp 32.585.000, dan pada tahun 2024 sebesar Rp 33.628.132.

Tabel 7.7 Biaya Pemesanan Sparepart Handphone Ricky Cellindo Waralaba Paket Kios

No

Keterangan

Banyak

Harga/Unit (Rp)

Jumlah (Rp)

1.

LCD + Touchreen

300

Rp.150.000

Rp.45.000.000

2.

Baterai

300

Rp.30.000

Rp.9.000.000

3.

Touchreen Handphone

300

Rp.20.000

Rp.6.000.000

4.

IC power

300

Rp.80.000

Rp.24.000.000

5.

Speker atau Buzzer

300

Rp.5.000

Rp.1.500.000

6.

Flexibel Conektor cas

300

Rp.10.000

Rp.3.000.000

7.

MMC

300

Rp.50.000

Rp.15.000.000

8.

Flexibel on/off & Volume

300

Rp.5.000

Rp.1.500.000

9.

LCD handphone

300

Rp.80.000

Rp.24.000.000

10.

Blower

50

Rp.950.000

Rp.47.500.000

11.

solder

50

Rp.300.000

Rp.15.000.000

12.

Power Supply

50

Rp.450.000

Rp.22.500.000

13.

obeng

300

Rp.35.0000

Rp.10.500.000

14.

pinset

300

Rp.30.000

Rp.9.000.000

15.

Frame/tulang Handphone

300

Rp.35.000

Rp.10.500.000

16.

Kamera Handphone

300

Rp.40.000

Rp.12.000.000

17.

Back door atau tutup belakang handphone

300

Rp.20.000

Rp.6.000.000

Jumlah 2022

Rp.262.000.000

Jumlah 2023

Rp.270.384.000

Jumlah 2024

Rp.279.036.288

Harga dari biaya pemesanan Sparepart Handphone Ricky Cellindo pada tahun 2022 dan 2023 mengalami kenaikan berdasarkan data dari BI Rate tingkat inflasi April 2020 yaitu sebesar 3,20% dengan biaya pemesanan produk Sparepart Handphone Ricky Cellindo sebesar Rp270.384.000 dan pada tahun 2024 sebesar Rp279.036.288.

Berikut ini merupakan tabel perincian perlengkapan waralaba Ricky Cellindo pada tahun 2022 ,2023 dan 2024 yang dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Tabel 7.8 Biaya Perlengkapan Waralaba Ricky Cellindo

No

Keterangan

Banyak

Harga/Unit (Rp)

Jumlah (Rp)

1.

Pena Hitam X-Data

2 ktk

24.000

48.000

2.

Buku Nota

24 bh

2.500

60.000

3.

Kalkulator

2 bh

45.000

90.000

4.

Tip-ex

2 bh

6.500

13.000

5.

Cap Stampel

1 bh

30.000

30.000

6.

Kertas

1 rim

58.000

58.000

Jumlah

299.000

Jumlah Tahun 2022

3.588.000

Jumlah Tahun 2023

3.702.816

Jumlah Tahun 2024

3.821.306

 

Total biaya perlengkapan waralaba Ricky Cellindo pada tahun 2023 dan 2024 mengalami kenaikan berdasarkan data dari BI Rate tingkat inflasi April 2020 yaitu sebesar 3,20% dengan jumlah perlengkapan tahun 2023 sebesar Rp 3.702.816, dan tahun 2024 sebesar Rp 3.821.306.

Berikut ini merupakan tabel biaya gaji waralaba Ricky Cellindo pada tahun 2022, 2023,dan 2024 yang dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 7.9 Biaya Gaji Operasional Waralaba Ricky Cellindo

No

Keterangan

Banyak

Harga/Unit (Rp)

Jumlah (Rp)

1.

Pemilik

1

5.000.000

5.000.000

2.

Administrasi

1

2.650.000

2.650.000

3.

Marketing

1

2.800.000

2.800.000

4.

Trainner

1

3.000.000

3.000.000

Jumlah

13.450.000

Jumlah tahun 2022

161.400.000

Jumlah tahun 2023

166.564.800

Jumlah tahun 2024

171.894.874

 

Total biaya gaji operasional waralaba Ricky Cellindo pada tahun 2022 sebesar Rp 161.400.000, dan di tahun 2023 dan 2024 mengalami kenaikan berdasarkan data dari BI Rate tingkat inflasi April 2020 yaitu sebesar 3,20% dengan jumlah gaji operasional pada tahun 2023 sebesar Rp 166.564.800, dan pada tahun 2024 sebesar Rp171.894.874.

Berikut ini merupakan tabel biaya promosi waralaba Ricky Cellindo pada tahun 2022, 2023 dan 2024 yang dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 7.10 Biaya Promosi Waralaba Ricky Cellindo

No

Keterangan

Banyak

Harga/Unit

(Rp)

Jumlah

(Rp)

1.

Cetak Brosur Waralaba

500

300

150.000

2.

Cetak Brosur Produk

500

300

150.000

3.

Cetak Kartu Nama

1 kotak

50.000

50.000

Jumlah

350.000

Jumlah Tahun 2022

4.200.000

Jumlah Tahun 2023

4.334.400

Jumlah Tahun 2024

4.473.100

Total biaya promosi waralaba Ricky Cellindo pada tahun 2023 dan 2024 mengalami kenaikan berdasarkan data dari BI Rate tingkat inflasi April 2020 yaitu sebesar 3,20% dengan jumlah biaya promosi tahun 2023 sebesar Rp4.334.400 dan tahun 2024 sebesar Rp 4.473.100.

Berikut ini merupakan tabel biaya operasional Ricky Cellindo pada tahun 2022, 2023, dan 2024 yang dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 7.11 Biaya Operasional Waralaba Ricky Cellindo

 

No

Keterangan

Jumlah

Harga (Rp)

2022 (Rp)

2023 (Rp)

2024 (Rp)

1.

Biaya Listrik

1 tahun

5.000.000

5.160.000

5.325.120

2.

Biaya Air

1 tahun

1.200.000

1.238.400

1.278.029

3.

Biaya Perizinan

5 tahun

2.500.000

-

-

Jumlah

9.700.000

6.398.400

6.603.149

 

Pada tabel biaya operasional waralaba Ricky Cellindo untuk biaya listrik dan air mengalami kenaikan sesuai penggunaan per tahunnya, dan untuk biaya perizinan Ricky Cellindo selama 5 tahun adalah sebesar Rp 2.500.000.


H.    ANALISIS  PEMASARAN, SDM & ORGANISASI

·        Analisis Pemasaran

Dalam Proses pemasaran Ricky Cellindo hingga saat ini dibantu dengan via social media yaitu instagram, facebook, whats app, dan OLX. melihat canggihnya pengaruh media social terhadap kehidupan masyarakat sehingga membuat promosi via instagram, facebook, whats app dan OLX dapat dijangkau oleh lebih banyak pembeli baru dan menjadi pelanggan tetap.

Berikut beberapa bukti chat penjualan Ricky Cellindo melalui aplikasi OLX dan Whatsapp :


·        Analisis SDM & Organisasi

Dalam sumber daya manusia atau pegawai Ricky Cellindo memberikan pelatihan atau training selama 1 bulan bagi karyawan baru dari franchisor dalam bagian penjualan yang melayani konsumen,hal ini untuk menjaga kualitas pelayanan kepada konsumen dan untuk teknisi handphone sendiri itu disediakan dari ricky cellindo dimana teknisi handphone yang diberikan atau disediakan untuk franchisor sudah memiliki pegalaman kerja dan memiliki sertifikat dan mengerti tentang cara dan teknis menservis handphone.

Dan dalam merektur karyawan untuk bergabung dalam Ricky Cellindo untuk bagian penjualan atau melayani konsumen itu sesuai dengan pemilik Franchisor yang menerimanya. dari waralaba Ricky cellindo sendiri hanya memberi pelatihan atau Training selama 1 bulan. Dan untuk Teknisi sendiri dalam hal Perekrutan harus memenuhi Persyaratan yang dimiliki,Seperti:

-       Memiliki Pengalaman Kerja dibidang servis handphone selama 3 tahun.

-       Mengerti tentang sofwear dan hardwear handphone.

-       Memiliki sertifikat sebagai teknisi handphone yang terlatih dan berpengalaman.

-       Mampu bekerja dalam tekanan.

-       Mampu bekerja sama untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.


I.    Penutup (Kesimpulan)

Ricky cellindo merupakan toko yang menjual spare part handphone dan layanan jasa servise handphone yang memperbaiki kerusakan sofwear dan hardwear yang akan dikembangkan menjadi waraba ritel. yang menawarkan Keunggulan layanan jasa servis handphone  dibandingkan pesaing adalah memberikan pengecekan kerusakan handphone yang Gratis tanpa dipungut biaya dan memberikan layanan servis handphone yang bisa ditunggu dan bergaransi. Ricky Cellindo dalam pengembangan nya menjadi waralaba merupakan salah satu cara untuk membuat merek lebih cepat terkenal dalam hal memberikan layanan jasa servise handphone sofwear dan hardwear.dengan keahlian dan kualitas produk serta pelayanan yang diberikan dan Kegiatan penjualan spare part handphone sehari-hari dilakukan secara manual dan lewat market place atau toko onlein seperti di buka lapak, tokopedia, lazada, shoppe.Dan pembayaran bisa dilakukan via transfer, dan menggunakan ovo dan gopay, sehingga dapat mempermudah pembeli untuk melakukan transaksi terutama untuk transaksi yang besar.Proses pemasaran Ricky Cellindo hingga saat ini dibantu dengan via social media yaitu instagram, facebook, whats app, dan OLX. melihat canggihnya pengaruh media social terhadap kehidupan masyarakat sehingga membuat promosi via instagram, facebook, whats app dan OLX dapat dijangkau oleh lebih banyak pembeli baru dan menjadi pelanggan tetap.dan dalam meningkatkan kualitas pelayanan Ricky Cellindo memberikan pelatihan atau training kepada karyawan baru untuk bagian penjualan atau melayani konsumen sehingga dalam hal ini proses pengembangan menjadi waralaba sudah memiliki sistem dan strategi yang baik dalam pengembangannya untuk maju dan berkembang.


DAFTAR PUSTAKA

Frangky, 2016,h.2, Pengertian waralaba menurut ahli , Diakses 20 Februari 2018, dari Jurnal frangky.

Frangky, 2016, h.3, Perkembangan sistem waralaba, Diakses 31 Januari 2015, dari www.kemenda.com

Ginting, 2015, h.227, Segmentasi demografis pembagian kelompok, diakses 16 Juni 2018, dari eprints.polsri.ac.id.

Ginting, 2015, h.227, Segmentasi demografis pembagian kelompok, diakses

Pertumbuhan Ekonomi 2018, diakses 02 Februari 2018, dari www.bi.go.id

Lasminingsih 2012, Penyelenggaraan Waralaba, diakses 24 Agustus 2012, dari www.kemendag.go.id

Prof. Dr. Sofjan Assauri 2012, Penetapan Harga, diakses 18 April 2016, dari www. repository.unpas.ac.id

Kasmir & Jakfar, 2012, h.91, Pengertian modal pinjaman, Edisi Revisi, Kencana, Jakarta.

Hidayat, 2016, h.124, Pengertian Modal Kerja, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta


Komentar

Postingan Populer